Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sitelink dengan Search Box pada Laman Penelusuran Google

Sitelink dengan Search Box pada Laman Penelusuran Google - kali ini saya kembali dengan trik Membuat Sitelink Dengan Search Box pada Laman Penelusuran Google. Sebetulnya saya juga sedikit bingung untuk memberi judul posting ini sehingga saya membuat judulnya menjadi cukup panjang agar bisa muncul di kueri-kueri pencarian sejenis, bagi yang belum mengerti tentang kotak penelusuran atau search box pada sitelink bisa searching di google gambar ya.

Sitelink dengan Search Box pada Laman Penelusuran Google

Membuat Search Box pada Sitelink di laman penelusuran Google

Sebetulnya caranya sangatlah mudah, hanya perlu menambahkan sedikit JSON Schema.org di halaman utama web. Pada JSON ini kita harus mengetahui pola URL pencarian web masing masing, contoh semua web Blogger memiliki pola URL pencarian dengan akhiran ?q=blablabla dan WordPress ?s=blablabla. Masih belum mengerti, coba lakukan pencarian di blog ini dan lihat akhiran URL-nya setelah tanda "?". Untuk blogger dan WordPress saya sudah sediakan skrip JSON-nya. Letakan sebelum tag penutup </head>.

Baca Juga Apa Itu Google Adsense? Ini Panduan Dan Tipsnya!

Ganti:

  • URL_WEB_DENGAN_AWALAN_HTTP dengan URL Web/ Blog sobat, contohnya https://www.smkibnutaimiyah.sch.id/
  • POLA_URL dengan pola URL pencarian Website sobat, keterangan tertera di bawah skrip, khusus untuk Website

JSON Sitelink with Search Box untuk Blogger

<script type='application/ld+json'> { "@context": "http://schema.org", "@type": "WebSite", "url": "URL_WEB_DENGAN_AWALAN_HTTP", "potentialAction": { "@type": "SearchAction", "target": "URL_WEB_DENGAN_AWALAN_HTTP?q={search_term}", "query-input": "required name=search_term" } } </script>

JSON Sitelink with Search Box untuk WordPress

<script type='application/ld+json'> { "@context": "http://schema.org", "@type": "WebSite", "url": "URL_WEB_DENGAN_AWALAN_HTTP", "potentialAction": { "@type": "SearchAction", "target": "URL_WEB_DENGAN_AWALAN_HTTP?s={search_term}", "query-input": "required name=search_term" } } </script>

JSON Sitelink with Search Box untuk Website

<script type='application/ld+json'> { "@context": "http://schema.org", "@type": "WebSite", "url": "URL_WEB_DENGAN_AWALAN_HTTP", "potentialAction": { "@type": "SearchAction", "target": "URL_WEB_DENGAN_AWALAN_HTTP?POLA_URL={search_term}", "query-input": "required name=search_term" } } }</script>

Pola URL adalah Tag Kueri (Query String) yang digunakan untuk menunjukan kueri pencarian. contohnya ?search=kueri pencarian.

Bagaimana Mudah bukan ? kalau begitu sekian dulu tips Mengaktifkan Sitelink dengan Search Box pada Laman Penelusuran Google, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Sitelink dengan Search Box pada Laman Penelusuran Google"

SUBSCRIBE

Baca Juga : Service AC Pekanbaru, Service Kulkas Pekanbaru, Jasa Perbaikan Listrik Pekanbaru, Jasa Pasang AC Mobil Pekanbaru, Travel Pekanbaru Medan, Travel Medan Pekanbaru.